Rabu, 27 Agustus 2014

Batu Akik / Batu Permata / Batu Mulia



Bukan untuk tujuan syirik hanya sedikit ingin mengungkap keutamaan yang di titipkan Allah SWT didalam kristal unik ciptaannya ini. Banyak orang percaya dalam batu-batu perhiasan atau permata terdapat “penghuni gaib” yang membuat batu itu bertuah. Tak heran jika seseorang rela mengeluarkan uang hingga bejuta-juta karena menginginkan keberuntungan yang konon muncul karena ia mengenakan batu tersebut.
Benarkah anggapan itu? Yang jelas, ada alasan lebih rasional dan ilmiah tentang khasiat batu ini ketimbang sekadar memercayai di dalam batu tersebut ada qadamnya.
Menurut ahli batuan dari Malaysia Dr.(HC) Hisham Hashim, batu bisa digunakan untuk pengobatan karena memiliki gelombang elektromagnetik. Dengan elektromagnetik inilah batu dapat membetulkan medan elektromagnetik yang terganggu di tubuh manusia, sehingga yang bersangkutan sehat.
“Tubuh manusia memiliki satu medan magnet. Bila medan magnet di tubuh tidak seimbang, timbul masalah seperti penurunan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, yang bersangkutan akan terkena berbagai penyakit,” kata lulusan Jurusan Geologi University Science Malaysia ini kepada “PR”, di Perlis Malaysia, belum lama ini.
Gangguan medan elektromagnetik di tubuh manusia memang bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya gangguan gelombang dari handphone, komputer, televisi, atau bisa juga karena pencemaran udara.
Sebagai contoh bahwa batu permata bisa berguna untuk pengobatan, Hashim mengutip pendapat Karen Ryan tentang tiga langkah pengobatan menggunakan batu kristal kuarsa.
Tahap pertama, penderita akan melalui proses penyucian selama tiga hingga empat bulan, bergantung pada kronisnya penyakit yang dideritanya. Agar proses ini berjalan optimal, penderita harus memakai batu kuarsa sekurang-kurangnya 21 hari. “Dalam kurun waktu ini akan terjadi penghilangan ketidakseimbangan yang terjadi dalam tubuh,” ujar Hashim.
Tahap kedua, terjadilah proses kesimbangan itu. Si sakit akan merasakan perubahan positif secara fisik, mental, emosi dan spiritualnya. Badannya akan lebih stabil. “Ini terjadi karena adanya pengeluaran toksin (racun) dan tenaga negatif dalam tubuhnya,” kata Hashim menambahkan. Proses tersebut akan berlangsung berulang-ulang. Setelah empat minggu menggunakan batu kuarsa biasanya tubuh penderita akan betul-betul seimbang.
Tahap terakhir adalah proses penstabilan, langkah yang paling penting dalam pengobatan dengan batu. Pengobatan ini minimal berlangsung tiga hingga empat bulan. Dalam kurun waktu ini kristal kuarsa tidak boleh dilepas karena proses stabilitas akan terganggu. Jika kuarsa kristal dilepas, upaya pengobatan harus diulangi dari awal.
Harus satu
Hashim menyarankan, agar pengobatan tercapai secara optimal, batu permata yang dikenakan sebaiknya satu saja. Hal ini karena setiap batu permata memiliki getaran (vibration) yang berbeda.
Pemilihan batuan pun harus disesuaikan dengan penyakit yang diderita seseorang. Selain itu, pemilihan batu juga disesuaikan dengan keadaan sekitar. Sebagai contoh, penderita yang tinggal di tempat yang banyak gelombang listrik, disarankan mengenakan batu permata jenis berlian atau kristal jernih. “Kedua jenis batu ini dianegerahkan Allah memiliki tenaga, gelombang, kemampuan refleksi yang tinggi,” ujar Hashim menjelaskan.
Khasiat permata
Pada dasarnya, hampir semua batuan dapat digunakan untuk pengobatan karena masing-masing mengandung getaran elektromagnetik. Hashim menyebutkan beberapa di antaranya.
1. Zamrud
Kandungan kimia Zamrud yang berwarna hijau ini adalah silica, alumunium, soda, dan magnesium. Karena warnanya yang menarik zamrud banyak disukai orang untuk digunakan sebagai perhiasan.
Menurut Rowland, seorang doktor yang di abad ke-17 meneliti batuan, zamrud sangat baik untuk mengatasi penyakit hati (liver) dan masalah di bagian kepala. Orang yang pelupa cocok untuk mengenakannya. Zamrud juga dipercaya mampu mengatasi kencing manis atau penawar sengatan/gigitan binatang berbisa.
Zamrud (Be 3 Al 2 SiO 6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).
Variasi warna : hijau segar, hijau – kekuningan, hijau – kebirua.
Kadar transparasi : transparan, translusan.
Kilap polis : kilap – kaca.
Index bias : 2,67 – 2,78.
Formula kimia : Be 3 Al 2 SiO 6.
Sistem kristal : Heksagonal.
Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia dan Brazil.
Banyak batu-permata berwarna hijau, tetapi hijau jamrud-lah yang dianggap paling mempesona. Sebagai mineral, jamrud termasuk kelompok jenis beril. jenis beril ini sebenarnya ada juga yang berwarna biru, kuning dan merah — tetapi hanya warna hijaulah yang sejuk dan teduh itulah yang membuatnya bisa tampil sejajar dengan batu-permata-mulia lainya. Uniknya, mayoritas mineral jamrud terlahir dengan membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat — sehingga kalau bisa menemukan satu yang berwarna bagus dan berbodi mulus…lha, ini dia! Mau tau harganya? dipasar bebas sebentuk jamrud nyaris sempurna dan berukuran besar bisa dinilai di atas US$ 10,000.00 per karatnya!
Sebagai batu-permata, jamrud tampak paling anggun dan ideal bila diasah model faset dalam bentuk potongan persegi-empat atau potongan-jamrud (emera-cut), sehingga dia sangat digandrungi oleh kaum pria yang akan merasa bangga kalau dapat memakainya sebagai mata cincin dengan ditretes intan-berlian pada bagian pinggirnya. Mantap lah rasanya.
Aura batu :
Menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman,
menjaga kesegaran jasmani dan rohani.
Relevansi profesi :
Praktis bidang kesehatan,
agrobis lingkungan-hidup.
special
Emerald/Zamrut : Menstimulasi visi dan pemahaman yang jelas
2. Pirus (“turquoise”)
Pirus sebenarnya bukan 100% batu, namun merupakan campuran tanah, kapur, dan batu. Kandungan kimia pirus terdiri dari alumunium silicate dan hydrated phosphate.
Pirus bermanfaat untuk mengatasi penyakit paru-paru, syaraf, mata, penyakit di kerongkongan. Pirus pun mampu menguatkan jantung, memperbaiki peredaran darah, keracunan dalam darah, dan memulihkan tenaga.
3. Batu akik
Batu akik sering dikenakan sebagai perhiasan oleh kaum lelaki. Batu akik inilah yang acap dipercaya mengandung “penghuni gaib”. Lebih dari 1.600 tahun lalu tentara Roma menghancurkan batu akik sampai lembut, lalu dicampur dengan air dan direbus, digunakan untuk mengobati penyakit ginjal dan limpa. Malah, ahli pengobatan dari Arab menggunakan bubuk batu akik untuk menghentikan perdarahan dan luka dalam. Bagi yang mengenakannya, batu akik dapat memberikan ketenangan dan mengatasi masalah sukar tidur.
4. Berlian
Berlian dipercaya sebagai master dari segala penyembuhan penyakit. Ia memiliki kekuatan untuk penyucian dan keseimbangan cleansing and balancing) badan. Batu permata ini digunakan untuk menguatkan semua organ di dalam badan, terutama empedu dan ginjal. Berlian juga baik untuk kesehatan usus kecil, kekuatan tulang, kelenjar pineal, dan baik untuk mengaktifkan kelenjar timus. Ada juga orang yang percaya berlian dapat digunakan untuk detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh.
Namun perlu diingat, berlian yang belum diproses justru lebih ampuh untuk pengobatan ketimbang yang sudah diproses menjadi perhiasan yang indah. Pemotongan berlian sedikit banyak akan memisahkan atom-atomnya dan memengaruhi getaran yang sudah ada.
5. Mutiara
Pada abad ke-17 ahli pengobatan menggunakan serbuk mutiara yang dicampur dengan air minum sebagai penyembuh penyakit jantung dan keracunan makanan. “Numerologis dan gemologis Dr. R.I. Dhuraimurugar menyebutkan bahwa serbuk mutiara amat baik untuk mengatasi sakit mata, saluran jantung, TBC, demam, insomnia, dan asma,” kata Hashim.
Kini, serbuk mutiara juga digunakan untuk campuran kosmetik. Mutiara bermanfaat untuk menjadikan kulit halus. (Ella YP/Teguh L/”PR”)
6. Blue Safir
Safir ( Bahasa Ibrani : sapir ) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3 ), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum . Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah , permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.
Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi , titanium , dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.
Karakteristiknya :
Variasi warna : Biru, ungu, kuning, oranye, hitam, bening.
Kadar Transparasi : Transparan, translusan, opak.
Kilap Polis : Kilap-intan.
Index Bias : 1,766 – 1,774.
Kadar Keras : 9.
Berat Jenis : 3,47 – 3,55.
Formula Kimia : Al2O3.
Sistim Kristal : Heksagonal.
Wilayah Penghasil : Srilangka, Thailand, Myanmar, Amerika Serikat, Australia.
Relevansi Profesi :
- Priktisi bidang keilmuan,
- perdagangan,
- wirausaha dan eksekutif.
Aura Batu :
- Mengembangkan daya pikir,
- menumbuhkan inspirasi,
- optimisme serta harapan baru.
Peredam penyakit batin
Membawa damai dan tenteram batin.
yang lebih spesifik..PENGEKAL ASMARA …
7. Kecubung Asihan
Sekilas tentang kecubung (amethis)
Lokasi Ditemukannya Kecubung
Di Indonesia Kecubung banyak ditemukan di daerah kalimantan tapi juga ada di daerah daerah lain seperti jawa barat. Selain di Indonesia, Kecubung atau Amethyst ditemukan juga di Brazil, Canada, India, Russia, Madagascar, Namibia, Sri Lanka dan Amerika (Colorado, Georgia, Montana, North Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, Virginia). Amethyst adalah lambang Batu Permata dari negara bagian South Carolina-USA (US State Gemstone of South Carolina) dan dari negara bagian Ontario-Canada (Canadian State Gemstone of Ontario, Canada).
Cara Merawat & Menyimpan Kecubung
Bersihkan Kecubung atau Amethyst anda di alat pembersih perhiasan ultrasonic atau dapat pula dengan menggunakan air hangat yang sudah diberi sedikit sabun khusus, kemudian sikatlah perlahan dengan sikat berbulu halus. Jaga jangan sampai Amethyst anda terkena panas atau sinar matahari yang sangat terik dalam waktu lama karena warna batu akan memucat.
Beberapa Kegunaan Kecubung
Di Indonesia kecubung selain sebagai batu perhiasan juga sering dianggap sebagai batu yang ber tuah atau ber khasiat, contoh nya ada lah ke cubung hasian yang di percaya mempunyai khasiat untuk mendapat kan simpati dari orang lain dan juga orang menjadi tidak ingin berbuat jahat kepada si pemakai batu tersebut.
Tetapi menurut kepercayaan untuk membuat batu tersebut berkhasiat, harus di olah secara alami, atau tidak menggunakan alat alat modern, seperti gerinda atau obat pemoles lainnya, umum nya mereka menggosok nya dengan menggunakan bambu ( bisa bambu hitam atau bambu biasa ), dan terkadang si pembuat juga berpuasa. Selain itu Kecubung juga digunakan untuk meningkatkan kekuatan bathin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala.
Legenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan. (Boleh per caya atau tidak). Untuk orang orang tertentu di negara Eropa dan Amerika kecubung atau Amethyst juga merupakan simbol atau sering di gunakan sebagai hadiah perkimpoian ke 4 atau ke 6.
Semuanya kembali ke kita, tapi pada akhirnya tetap kembali ke PADA DIA Yang Memberi HIDUP.



MINERAL batu PERMATA
Mineral adalah suatu zat yang terdapat dalam alam dengan komposisi kimia yang khas dan biasanya mempunyai struktur kristal yang jelas, yang kadang-kadang dapat menjelma dalam bentuk geometris tertentu.
Istilah mineral dapat mempunyai bermacam-macam makna; sukar untuk mendefinisikan mineral dan oleh karena itu kebanyakan orang mengatakan, bahwa mineral ialah satu frase yang terdapat dalam alam. Sebagaimana kita ketahui ada mineral yang berbentuk :
  • Lempeng
  • Tiang
  • Limas
  • Kubus
Batu permata kalau ditelaah adalah merupakan campuran dari unsur-unsur mineral.
Setiap mineral yang dapat membesar tanpa gangguan akan memperkembangkan bentuk kristalnya yang khas, yaitu suatu wajah lahiriah yang dihasilkan struktur kristalen (bentuk kristal). Ada mineral dalam keadaan Amorf, yang artinya tak mempunyai bangunan dan susunan kristal sendiri (mis kaca & opal). Tiap-tiap pengkristalan akan makin bagus hasilnya jika berlangsungnya proses itu makin tenang dan lambat.
Daftar isi
[sunting] Kristal
Kristal adalah sebuah benda yang homogen, berbentuk sangat geometris dan atom-atomnya tersusun dalam sebuah kisi-kisi kristal,karena bangunan kisi-kisi kristal tersebut berbeda-beda maka sifatnya juga berlainan. Kristal dapat terbentuk dalam alam (mineral) atau di laboratorium. Kristal artinya mempunyai bentuk yang agak setangkup (symetris) dan yang pada banyak sisinya terbatas oleh bidang datar, sehingga memberi bangin yang tersendiri sifatnya kepada mineral yang bersangkutan.
Benda padat yang terdiri dari atom-atom yang tersusun rapi dikatakan mempunyai struktur kristalen. Dalam suasana yang baik benda kristalen dapat mempunyai batas bidang rata-rata & benda itu dinamakan kristal (HABLUR) & bidang rata itu disebut muka krsital.
Ada 32 macam gelas kristal yang dipersatukan dalam 6 sistem kristal, yaitu:
  1. REGULER, Kubus atau ISOMETRIK ketiga poros sama panjang dan berpotongan tegak lurus satu sama lain (contoh : intan, pirit, garam batu)
  2. TETRAGONAL (berbintang empat) ketiga poros tegak lurus satu sama lain, dua poros sama panjang sedangkan poros ketiga berbeda (contoh chalkopirit, rutil, zircon).
  3. HEKSAGONAL (berbintang enam) Hablur ini mempunyai empat poros, tiga poros sama panjang dan terletak dalam satu bidang, bersilangdengan sudut 120 derajat (60 derajat), tetapi poros ke-empat tegak lurus atas bidang itu dan panjangnya berbeda (contoh apalit, beryl, korundum).
  4. ORTOROMBIS (irisan wajik) ketiga poros tidak sama panjang du poros berpotongan siku-siku dan poros ketiga memotong miring bidang kedua poros tadi (berit, belerang, topaz)
  5. MONOKLIN (miring sebelah) ketiga poros tidak sama panjang, dua dari porosnya berpotongan sorong & poros ketiga tegak lurus atas kedua poros tadi (gips, muskovit, augit)
  6. TRIKLIN (miring, ketiga arah) ketiga poros tidak sama panjang dan berpotongan serong satu sama lain(albit, anortit, distin)
Bentuk kristal dibagi dalam 6 tata hablur yang didasarkan:
  • perbandingan panjang poros – poros hablur
  • besarnya sudut persilangan poros – poros hablur
[sunting] Gores
kristal / mineral yang mempunyai kekerasan < 7 jika digosokkan pada lempengan porselin yang kasar biasanya meninggalkan ditempat penggosokan tsb suatu garis yang karakteristik dan seringkali berwarna lain dari mineral itu sendiri.
  • Pirit yang warnanya kuning emas meninggalkan garis hitam.
  • Hematit (Fe2O3) yang berkilap kelogam – logaman atau memberigaris merah darah
  • Fluisvat memberikan garis putih (mineral yang berwarna terang tetapi memberi garis putih)
[sunting] Skala Kekerasan MOH's
Kekerasan adalah sebuah sifat fisik lain, yang dipengaruhi oleh tata letak intern dari atom. Untuk mengukur kekerasan mineral dipakai Skala Kekerasan MOHS (1773-1839).
  1. Talk, mudah digores dengan kuku ibu jari
  2. GIPS, mudah digores dengan kuku ibu jari
  3. Kalsit, mudah digores dengan pisau
  4. Fluorit, mudah digores dengan pisau
  5. Apatit, dapat dipotong dengan pisau (agak sukar)
  6. Ortoklas, dapat dicuwil tipis-tipis dengan pisau dibagian pinggir
  7. Kwarsa, dapat menggores kaca
  8. Topaz, dapat menggores kaca
  9. Korundum, dapat mengores topaz
  10. Intan, dapat menggores korundum
Bentuk Kristal Intan ialah benda padat besisi delapan (OKTAHEDRON)
  1. K = 1 : Talk/Silikat magnesia yang mengandung air
  2. K = 2 : Gips (CaSO4), batu tahu
  3. K = 3 : Kalsit (CaCo3)
  4. K = 4 : Vluispat (CaF2)
  5. K = 5 : Apatit mengandung chloor
  6. K = 6 : Veldspat, kaca tingkap
  7. K = 7 : Kwarsa, pisau dari baja
  8. K = 8 : Topas; Silikat alumunium yang mengandung borium, batu permata
  9. K = 9 : Korsum (Al2O3 dalam corak merah, batu permata delima, corak biru batu nilam/safir)
  10. K = 10 : intan batu permata
Masing-masing mineral tersebut diatas dapat menggores mineral lain yang bernomor lebih kecil dan dapat digores oleh mineral lain yang bernonor lebih besar. Dengan lain perkataan SKALA MOHS adalah Skala relative. Dari segi kekerasan mutlak skala ini masih dapat dipakai sampai yang ke 9, artinya no. 9 kira-kira 9 kali sekeras no. 1, tetapi bagi no. 10 adalah 42 kali sekeras no. 1
K.E. Kinge (1860) dalam Han Sam Kay mengelompokkan batu permata yang dijadikan perhiasan dalam lima belas kelas sebagai berikut :
  1. Batu permata Kelas I, Nilai Keras antara 8 s/d 10
  2. Batu Permata kelas II, Nilai Keras antara 7 s/d 8
  3. Batu permata Kelas III
    Batu permata kelas ini tergolong jenis batu mulia dan batu mulia tanggung, nilai kerasnya kira-kira 7, sebagian besar terdiri dari asam kersik (kiezelzuur), keculai pirus (tuquois)
  4. Batu-Batu mulia Tanggung yaitu batu kelas IV, nilai keras antara 4 – 7
  5. Batu kelas V
    Batu kelas V nilai kerasnya dan kadar berat jenisnya sangat berbeda-beda. Warnanya gelap (kusam) dan kebanyakan agak keruh, tidak tembus cahaya, batunya sedikit mengkilap, dan harganyapun amat murah bila dibandingkan dengan harga batu mulia.
    Dalam kelas ini termasuk batu marmer dan batu kelas V tidak tergolong batu mulia.
[sunting] Belahan
Belah adalah kecenderungan batu permata untuk membelah kearah tertentu menyusur permukaan bidang rata, lebih spesifik lagi ia menunjukkan kearah mana ikatan-ikatan di antara atom relative lemah dan biasanya reta-retak menunjukan arah belah.
Belahan ialah sifat untuk menjadi belah menurut bidang yang agak sama licinnya
  • belahan baik sekali
  • baik
  • sedang
  • buruk
  • tidak ada belahan sama sekali
[sunting] Warna
Kenapa kita dapat melihat berbagai warna ?
Warna dapat dilihat ketika terjadi beberapa proses pemindahan panjang gelombang, beberapa menyerap panjang gelombang spesifik dari spektrum yang dapat dilihat. Spektrum yang dapat dilihat terdiri dari warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan violet.
Ketika terjadi pemindahan panjang gelombang akan memengaruhi energi dan akan terjadi perubahan warna dan jika permata itu mengandung besi biasanya akan terlihat berwarna kelam, sedangkan yang mengandung alumunium biasanya terlihat berwarna cerah, tetapi juga ada mineral yang berwarna tetap seperti air (berkristal) dan dinamakan Idhiochromatic
Disini warna merupakan sifat pembawaan disebabkan karena ada sesuatu zat dalam permata sebagai biang warna (pigment agent) yang merupakan mineral-mineral yaitu : belerang warnanya kuning; malakit warnanya hijau; azurite warnanya biru; pirit warnanya kuning; magatit warnanya hitam; augit warnanya hijau; gutit warnanya kuning hingga coklat; hematite warnanya merah dsbnya.
Ada juga mineral yang mempunyai warna bermacam-macam dan diistilahkan allokhromatik, hal ini disebabkan kehadiran zat warna (pigmen), terkurungnya sesuatu benda (inclusion) atau kehadiran zat campuran (Impurities). Impurities adalah unsur-unsur yang antara lain terdiri dari Ti, V, Cr, Mn, Fe, Co, Ni, Cu, dan biasanya tidak hadir dalam campuran murni, unsur-unsur yang terkonsentrasi dalam batu permata rendah.
Aneka warna batu permata ini sangat mempersona manusia sehingga manusia memberi gelar “mulia” pada batu-batu itu, contoh intan yang hanya terdiri dari satu unsur mineral yakni zat arang merupakan benda yang padat yang bersisi delapan karena adanya zat campuran yang berbeda akan menyebabkan warna yang berbeda : tidak berwarna, kuning, kuning muda, agak kebiru-biruan, merah, biru agak hijau, merah jambu, merah muda, agak kuning coklat, hitam yang dinamakan carbonado, hijau daun. Banyak mineral hanya memperlihatkam warna yang terang pada bagian-bagian yang tipis sekali. Mineral yang lebih besar dan tebal selalu memberi kesan yang hitam, tanda demikian antara lain diperlihatkan oleh banyak mineral.
Warna hijau muda; jika warna tersebut makin tua berarti makin bertambah Kadar Fe di dalam molekulnya.
[sunting] Berat Jenis (BD)
Untuk mengetahui mineral yang belum diketahui Bdnya dipakai alat yang disebut cairan berat :
  • Pertama : Bromoform (ChBr)
  • Kedua : Joodmethylin (Ch2 J2)
  • Ketiga : Cclerici yaitu larutan Thallium malonat formiat
Mineral dengan BD < 2,68 mineral ringan
  • kwarsa: 2,57
  • albit: 2,62
  • oligoklas: 2,64
Mineral dengan BD > 2,68 mineral berat
  • Labradorit: 2,70
  • Anortit: 2,76
  • Augit hornblende: 3,20
  • Maskotit: 2,90
  • Biotitit: 3,00
  • Korundum: 3,20
  • Turmalin
Mineral dengan BD 3,3 – 4 mineral amat berat
  • olifin
  • starolit
  • granat / garnet
Mineral dengan BD > 4 dan kekerasan = 7
  • Zirkon
BD = 2,65 Mineral tergolong dalam fraksi enteng dan bias rangkapnya  Kuarsa kristalen; bergkristalØtergolong rendah yaitu terdiri dari   opal = sebetulnya gel asamØ(tidak berwarna); amathis atau kecubung   chalsedon; jenis kristalnya jenis kripto (kwarsa kriptoØkersik  kristalen); k = 7; struktur kristalnya baru tampak jika dilihat dengan  agat; jenis kristalnya jenis kripto (kwarsaØmenggunakan mikroskop.  kripto kristalen) = k = 7; struktur kristalnya baru tampak jika dilihat  Oniks, jenis kristalnya jenis kriptoØdengan menggunakan mikroskop  (kwarsa kripto kristalen) = k = 7; struktur kristalnya baru tampak jika  opalØ besi kersik Ø jaspis Ødilihat dengan menggunakan mikroskop  tanggung (half opal) = sifat membelah tidak ada pecahannya berupa kerang.
 Nefrit = Jade = Giok {Ca2 (Mg, Fe)5 (OH)2Si8O22}ØBD = 2,9 – 3,3  aktinolit atau Amfibol kalsium magnesium besi; bentuk menyerabut atau asbes tiform; warna kelabu, kehijau-hijauan atau kekuning-kuningan; adanya garis kembar; warna plagioklas putih, kadang – kadang kehijau-hijauan, hijau tua, coklat, hitam, kadang-kadang tembus pandang (transparan), tembus cahaya (Translucent) atau opal; bidang belah berpotongan dengan sudut 550 dan 1250 ; K = 5 – 6; apabila dipanaskan mengeluarkan air yang menunjukkan bahwa ia terbentuk dalam suasana hidro (perhatikan adanya gugusan OH) atau dikenal sebagai AMFIBOL.
 Epidot ( H2 M4 “M6”’ Si6O26, M”); dari batu-batuanØBD = 3,3 – 3,6  endapan atau sedimen yang lebih tua; k = 6,5; Hijau- hijau kekuning-kuningan, terdapat jenis yang berwarna merah; belahan baik; mengristal monoklin, prisma; bias cahaya dan bias rangkap kuat.
 Granat/Garnet (M3” M2”’ SiO3O12); dari batuanØBD = 3,5 – 5,3  sedimen tua; kristal reguler; bias cahaya keras, tidak berbias rangkap (Isotrop); K = 7; belahan baik; warna merah, merah coklat, kuning dan hijau jarang, tidak berwarna sama sekali.
 Korundum (Al2O3) tersusun sangat padat; tak berwarnaØBD = 4  –bermacam-macam warna; K = 9; Oktahedron/Hexagonal; Bias tinggi; Bias  Spinel (M” = Mg, Zr, Fe; M”’ = Cr, Al,Ørangkapnya rendah. (3,9 – 4,1)  Mn); hijau tua; K = 7,5 – 8; Biasnya tinggi, Mengkristal secara reguler; bersifat isotrop dalam optiknya; belahannya seringkali buruk
 Ortit termasuk golongan Epidot hanya dalam persenyawaannyaØBD = 4,2  berbeda disebabkan kadar Ce yang tinggi; K= 5,6; merah coklat, coklat Ømerah tua – kuning atau coklat kuning; kristal gemuk seperti prisma;  Turmalin {H9Al3(B.OH)2Si4O19}; K= 7; Heksagonal, belahan buruk, Bias sedang; Pleokroisnya sangat kuat; jernis seperti air, Coklat biru sampai hitam, turmalin biru agak jarang diketemukan.
Tiap-tiap batu permata yang sudah dikenal berat jenisnya dapat diketahui nilai keras batu, dari berat batu dapatlah dihitung kari dari permata tersebut. Karat adalah satuan berat yang setimbang dengan seperlima gram. Satuan ini disebut karat metric. Jika kita timbang berat intan, tidak dikatakan berat intan 1 gram tetapi berat intan adalah 5 karat, demikian yang lain batu rubi beratnya 17,8 karat, batu sapphire 7 karat dsbnya.
>Ada apa dengan warna yang dihasilkan oleh Batu Mulia yang digunakan sebagai perhiasan atau sebagai koleksi? Tidak banyak informasi yang mengulas hal ini. Warna ternyata getarannya dapat mempengaruhi Cakra manusia..
Apakah Cakra itu ? cakra dipahami sebagai pusat energi metafisik dan/atau biofisis dalam tubuh manusia. Gerakan Zaman Baru dan, sampai tingkat tertentu. Dalam yoga ada tujuh cakra. Pertama adalah Cakra Dasar atau Muladara Cakra yang terletak di ujung sumsum tulang belakang yang merupakan pusat energi; Kedua adalah Cakra Pusar atau Manipura Cakra terletak di daerah pusar.
Ketiga adalah Cakra Pankreas terletak di daerah pankreas.
Keempat adalah Cakra Jantung (depan dan belakang) atau Anahata Cakra dan letaknya di daerah jantung.
Kelima, Cakra Tenggorokan atau Vishuda Cakra terletak di daerah tenggorokan.
Keenam Cakra Adnya terletak di daerah antara kedua alis.
Ketujuh Cakra Mahkota atau Sahasara Cakra terletak di ujung ubun-ubun yang merupakan pusat inti kesadaran tertinggi di dalam tubuh manusia.
Berikut ini informasi seputar khasiat warna dari batu mulia yang dikumpulkan dari beberapa sumber….
< >PUTIH. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia dari berlian putih, kwarsa yang jernih, mutiara putih, akik putih yang tranparant dan kalsit, Safir putih, biduri bulan, biduri laut, moonstone. Warna dari bebatuan ini memunculkan sumber energi di bagian kepala (ubun-ubun), cakra tertinggi ( yang ke tujuh ). Selain itu diyakini menghasilkan getaran-getaran yang positif untuk membantu menciptakan harmonisasi, kesembuhan dan menjaga kesehatan tubuh.
< >UNGU. Warna ini meliputi jenis: kecubung (ametis) dan turmalin ungu. Warna ungu masih berkaitan dengan kepala sebagai cakra ke tujuh (Cakra Mahkota). Getaran jenis ini sangat membantu menumbuhkan ketenangan, mengurangi emosi yang negatif; lebih banyak menghasilkan getaran feminin; baik untuk membantu pengembangan kebatinan yang positif, dan daya stamina tubuh.
< >BIRU, BIRU TUA Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia safir, turmalin, lapis lazuli, batu-batu yang berwarna agak biru tua. Getaran warna dan jenis batu terkait dengan cakra ke enam ( Cakra Adnya - yang terletak di tengah kening kepala ). Getaran jenis ini membantu menumbuhkan kebijaksanaan, mengembangkan intuisi, memperkuat mata dan telinga, memperkuat daya-ingat, bahkan membantu meningkatkan kepekaan terhadap dunia supranatural.
< >HIJAU KEBIRU-BIRUAN DAN BIRU MUDA. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia pirus, akuamarin, topas biru, malasit biru, kwarsa yang biru, juga turmalin yang biru. Getaran warna dan jenis batu ini, berkaitan dengan cakra yang ke lima (yang terletak di tenggorokan). Pengaruh getarannya membantu dalam kelancaran berbicara dan bernyanyi, menyehatkan bagian leher, tenggorokan, dan bagian bahu. Selain itu getarannya membantu manusia menjadi lebih bijaksana.
< >HIJAU. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia giok, zamrud, malasit hijau, peridot, turmalin, kalsit yang hijau, mata-kucing yang hijau -hijau muda, dan Batu Bacan. Warna hijau berkaitan dengan cakra yang ke empat (yang terletak di daerah jantung/dada). Getarannya membantu memperkuat jantung, menumbuhkan kasih-sayang, menambah kesadaran-materi (kebendaan) dan memperkuat otot-otot dan syaraf serta dapat mengurangi emosi yang menghasilkan energi negatif.
< >KUNING DAN KUNING-KEEMASAN. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia Topas Kuning, Safir Kuning, Citrin, dan mata-kucing yang kekuning-kuningan. Warna dan getarannya berkaitan dengan cakra ke tiga (yang terletak di dekat pusar). Diyakini getarannya dapat membantu menambah energi-jantan ( maskulin ), memperkuat vitalitas pria, memperkuat tubuh secara umum dan membantu juga pengembangan cakra ke tiga.
MERAH JINGGA-ORANYE. Warna yang satu ini dihasilkan dari semua jenis akik (terutama mengarah ke warna oranye), citrin yang juga mengarah ke warna oranye dan carnelia. Warna dan jenis ini berkaitan dengan cakra yang ke dua ( yang terletak sedikit di bawah pusat/puser ). Pengaruh getarannya membantu memperkuat daya kemampuan vitalitas, memperkuat daya-kreatif dan memperkuat cakra ke dua.
< >MERAH JAMBU. Warna yang satu ini dihasilkan dari kwarsa ros, tourmalin, garnet dan koral, dan batu-batu yang berwarna merah-jambu.Diyakini getarannya menambah kehalusan cinta, kehangatan yang damai dan positif. Selain itu batu-batu ini juga dapat mempengaruhi cakra yang ke empat, yaitu daerah jantung.
< >MERAH. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia mirah siam, ruby, jasper, garnet dan koral. Jenis ini berkaitan dengan cakra pertama (terletak di tunggir, bagian “tempat duduk”). Pengaruh getarannya menumbuhkan hawa-panas, menambah tenaga tubuh secara keseluruhan karena mempengaruhi peredaran darah, menjadi lebih giat bekerja dan membantu “membuka” cakra pertama.
< >COKLAT. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia seperti tiger eye, akik, topas coklat, dan jasper. Jenis ini berkaitan dengan paha. Diyakini getarannya menambah ketenangan, memperkuat kaki bagian paha dan menjadi “penyalur” tenaga ke bawah.
< >ABU-ABU. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu akik, mutiara yang abu - abu, dan mata-kucing yang keabu-abuan, serta badar besi. Getaran warnanya berkaitan langsung dengan bagian tengah kaki ( betis ). Pengaruh getarannya memperkokoh kaki, menambah ketabahan dan menjadi “penyalur” tenaga ke bumi.
< >HITAM. Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu onyx, akik, koral hitam, safir hitam, batu wulung, semua jenis batu yang warnanya hitam kelam. Warna dan getarannya berkaitan dengan telapak kaki. Pengaruhnya sangat memperkuat daya-fokus (ketekunan dalam urusan duniawi), keteguhan, ketabahan, dan menambah pula ketenangan. Selain itu menjadi “penyalur” tenaga langsung ke bumi.
Ulasan ini adalah dari sisi warna dasar bebatuan yang dipancarkan. Masih ada beberapa warna yang merupakan perpaduan warna dasar sebuah batu, tapi khasiat getarannya lebih mengacu pada warna dasarnya. Khasiat warna bebatuan ini adalah sebagian kecil anugerah Illahi yang berasal batu Mulia…patutnyalah kita memandang sisi positif dari keberadaaan Batu Mulia tidak hanya dari sisi keindahan dan kemahalannya.
Meskipun hampir setiap batu / batu / mineral dapat digunakan dalam melihat batu, tabel di bawah menunjukkan beberapa yang paling populer:

Gneiss

Gneiss adalah jenis batuan metamorf khas, di mana batuan sedimen atau beku telah terkubur dan terkena suhu tinggi dan tekanan. Hampir semua jejak struktur asli (fosil termasuk) dan kain (seperti layering dan tanda riak) yang dihapuskan sebagai mineral bermigrasi dan recrystallize. Garis-garis terdiri dari mineral. Gneiss benar-benar dapat recrystallize ke granit. Meskipun sifat yang sangat berubah gneiss, dapat melestarikan geokimia bukti sejarah, terutama dalam mineral seperti zirkon yang menolak metamorfosis. Batuan kerak tertua yang dikenal adalah gneisses dari Greenland barat, hampir empat miliar tahun. Gneiss adalah kata Jerman lama yang berarti terang atau berkilau.
Yasper

Ocean Jasper adalah batu akik oleh definisi standar (batu akik yang buram yang tembus dan jasper). Ocean Jasper jarang buram. Diputuskan untuk memanggil materi jasper karena pola rhyolitic telah dikaitkan dengan kategori jasper di masa lalu dan karena "jasper" tercantum sebagai sumber daya mineral di pertambangan klaim dimiliki oleh Madagaskar Minerals.
Membatu Kayu

kayu Petrified "adalah kayu atau cabang pohon-pohon tumbang, terutama cemara, yang tumbuh di Periode Trias (240-205000000 tahun lalu). Mereka telah berubah menjadi batu melalui proses silika terlarut dan mineral lainnya merembes ke dalam dan menggantikan serat kayu Semua kayu yang membatu di ArtGeo itu. dikumpulkan di atas tanah milik pribadi, sebagian besar, tapi tidak semua, di Arizona (AS). Semua itu benar-benar legal untuk membeli dan memiliki. Apakah dipotong dan dipoles, atau dalam keadaan alami mereka, ini "satu-of-a-kind" potongan kayu membatu adalah tidak biasa, menarik dan cukup indah.
Jadeite

Jadeite adalah salah satu dari dua mineral yang disebut batu giok. Mineral giok lainnya adalah nephrite, yang merupakan berbagai aktinolit. Jade telah digunakan selama ribuan tahun di China dan Amerika Tengah sebagai batu hias dan agama dari makna mendalam. Ini giok nephrite digunakan terutama di Cina, meskipun keduanya telah digunakan di kedua daerah. Nephrite lebih banyak daripada varietas jadeite dan memiliki beberapa warna, mulai hanya dari putih krem
​​ke hijau. Jadeite ditemukan dalam batuan sangat bermetamorfosa serpentinous natrium kaya, dan merupakan nama dari Spanyol "de Piedra ijada" (batu sisi) seperti yang berpikir untuk menyembuhkan batu ginjal dan penyakit ginjal lainnya. Jadeite umumnya hijau keabu-abuan, dan mungkin juga putih, biru-abu-abu pucat, atau bahkan ungu pucat.
Diopside

Diopside adalah batu penting membentuk beberapa mineral dalam metamorfik dan dasar untuk ultra batuan beku dasar, juga ditemukan dalam meteorit. Diopside memiliki beberapa varietas, termasuk berbagai permata yang kaya kromium disebut diopside krom. Violan adalah varietas biru jarang ditemukan di beberapa daerah di Italia. Ada juga "mata kucing" hijau varietas yang berisi inklusi menit, mungkin dari rutil, yang mencerminkan cahaya sedemikian rupa untuk menghasilkan luminscence linier hidup dalam kristal. Masih varietas lain cukup gelap, dengan jarum rutil termasuk selaras sehingga menghasilkan bintang 4-rayed, maka diopside nama bintang. Biasa diopside biasanya putih atau hijau dan dapat memiliki kilau kaca bagus, sering dipotong untuk batu permata.
Berbelit-belit

rock Serpentine adalah apel hijau ke hitam dan sering berbintik-bintik dengan area berwarna terang dan gelap. Its permukaan sering memiliki penampilan yang mengkilat atau lilin-suka dan yang sedikit sabun merasa, biasanya halus dan kompak tetapi mungkin granular, platy, atau berserat. Serpentine terjadi di California tengah dan utara - di pegunungan Pantai, Pegunungan Klamath, dan di kaki pegunungan Sierra Nevada. Serpentine rock terutama terdiri dari mineral silikat satu atau lebih magnesium seperti chrysotile - sering terjadi sebagai veinlets berserat di serpentin, jenis yang paling umum dari asbes yang memisahkan menjadi serat tipis, kuat, dan fleksibel yang tahan panas. Serpentine sering mengandung asbes beberapa, dan harus digunakan dengan hati-hati.
Chrysophrase

Chrysophrase (alias Chrysoprase) adalah lampu hijau untuk apel hijau warna, nama untuk Gaspé 'Semenanjung di Quebec mana ia awalnya ditemukan. Warna datang sulfida nikel. Chrysoprase adalah varietas paling berharga dari kalsedon mineral (kuarsa mikrokristalin) yang mengandung nikel, memberikan warna apel hijau. Hal ini berpori dan tembus, biasanya dipotong sebagai cabichon, dan telah digunakan sejak zaman kuno. Chrysoprase memiliki kekerasan dari 7 dan berat jenis 2,6. Chrysoprase ditambang di Australia, Rusia (yang MTN Ural.), Brasil, dan Amerika Serikat barat. Chrysoprase kadang-kadang disebut "giok Australia," tapi tidak berhubungan dengan batu giok. Keras-untuk-mendeteksi chrysoprase imitasi dibuat dengan pewarnaan batu akik dengan garam kromium.
Rhodonite

Rhodonite dinamai kata Yunani untuk naik, rhodon, dengan warna, merah muda yang indah yang khas, tercoreng dengan mineral putih seperti kalsit dan reaktif terhadap asam. Rhodonite sering telah hitam urat oksida mangan berjalan melalui itu, memberikan penampilan yang berbeda. kristal transparan yang langka dan rapuh. Namun sebagian masih ditemukan dan didistribusikan di pasar mineral. Mereka datang dari beberapa daerah terkemuka dan dianggap klasik oleh para kolektor. Kristal umumnya tembus dan jarang transparan. Hal ini sering diukir ke manik-manik, Cabochons, dan benda-benda hias. Di Rusia abad ke-18, itu digunakan secara luas untuk dekorasi pengadilan Rusia.
Granit

Granit adalah batuan beku phaneritic (batu vulkanik yang telah didinginkan) yang berwarna terang dan kasar berbutir, melainkan terdiri dari setidaknya 65% silika. Granit dicirikan oleh orthoclase mineral dan kuarsa dengan beberapa feldspar plagioklas dan mineral besi-magnesium. Granit mendasari banyak dari benua. Granit terdiri dari 20 atau lebih kuarsa persen, felspar alkali lebih dari plagioklas. Warna - biasanya secara keseluruhan abu-abu atau salmon pink hampir merah bata. Mineral yang ditemukan di granit: kuarsa - tidak berwarna, susu putih atau berasap, felspar alkali, off-white, tan cahaya, salmon-pink untuk hampir bata-merah, feldspar plagioklas, off-putih untuk penggemar.
Basal

Biasanya basalt batu vulkanik, walaupun mungkin juga hasil dari intrusi magma yang relatif dangkal. Berwarna gelap, halus, dan terdiri terutama dari mineral feldspar Plagioklas yg mengandung kapur dan mineral piroksen amphibole. Basalt yang paling sering dikaitkan dengan volkanik kerak laut seperti Hawaii, tetapi juga sering terjadi pada benua, kadang-kadang mengalir berlapis besar seperti Sungai Columbia basal.
Felspar

Feldspar merupakan kelompok mineral yang paling luas, terjadi di semua jenis batuan dan terdiri dari sekitar 60% dari kerak bumi. Feldspar relatif keras pada 6 pada skala kekerasan Mohs '. Feldspar umumnya berwarna terang, termasuk abu-abu putih, pink, tan, hijau, atau. Warna bervariasi karena kotoran dalam struktur kristal. Felspar merupakan mineral yang memberi granit warna merah muda, hijau atau abu-abu. Ketika cuaca feldspar dari batuan beku atau metamorf, dapat terakumulasi sebagai pasir. Hal ini mudah lapuk dan akan terurai menjadi tanah liat. Digunakan untuk industri gelas dan keramik, tembikar, enamel, sabun, abrasive, obligasi, semen, beton, isolasi komposisi, pupuk, pasir unggas, berlapis ter bahan atap, dan filler dalam industri tekstil dan kertas.
Kalsit

Dripstone adalah istilah umum untuk kalsit atau deposit mineral lainnya yang dibentuk dalam gua oleh menetes air. Ini termasuk stalaktit dan stalagmit, serta deposito serupa dibentuk oleh air yang mengalir. Sangat bervariasi dalam bentuk dan warna, kalsit yang terbaik diakui oleh kekerasan yang relatif rendah (H = 3) dan reaktivitas tinggi bahkan dengan asam lemah, seperti cuka. Ditemukan di sebagian besar geologi setelan suhu rendah dan sebagai mineral pengganti kemudian terbentuk di lingkungan lainnya di satu bentuk atau yang lain, adalah yang paling umum sebagai bahan besar-besaran di batu gamping dan kelereng.
Nephrite

Nephrite adalah batu semi-mulia, berbagai giok (kadang-kadang disebut Greenstone). Dua mineral yang berbeda yang dikenal sebagai giok, jadeite dan nephrite. Nephrite sedikit lebih lembut yang jadeite dan sering berurat, ia digunakan dalam ukiran dan untuk membuat indah mangkuk dan vas. Hal ini semitransparan untuk tembus, bisa putih, abu-abu, keabu-abuan-biru, keabu-abuan-merah, keabu-abuan-hijau, coklat, lavender, dan semua nuansa hijau. Sebuah giok nephrite langka kebiruan, yang disebut Pacific Blue Jade, ditemukan utara San Francisco, California, Amerika Serikat, sebagai urat dalam berbelit-belit. Memiliki kekerasan dari 5 sampai 6, tapi sangat sulit karena kebiasaan berserat nya. Ditemukan di Alaska, British Columbia, Wyoming, Cina, dan Siberia.
Batu kapur

Kapur adalah istilah umum yang digunakan untuk berbagai bentuk bahan kimia dasar yang dihasilkan dari batuan kalsium karbonat seperti batu gamping dan dolomit. Kapur adalah kalsium oksida atau oksida kalsium-magnesium. Sebagian kapur diproduksi oleh kalsinasi (pembakaran) batu gamping atau dolomit. Kapur telah digunakan selama ribuan tahun untuk konstruksi. penemuan arkeologi di Turki menunjukkan kapur digunakan sebagai mortir sejauh 7.000 tahun yang lalu. peradaban Mesir Kuno yang digunakan untuk membuat plester kapur dan mortir. Di Amerika Serikat, gunakan kapur telah berubah secara dramatis. Pada tahun 1900, lebih dari 80% dari kapur yang digunakan di AS untuk keperluan konstruksi. Saat ini, hampir 90% digunakan untuk menggunakan bahan kimia dan industri.
Riolit

Riolit adalah setara aphanitic granit. Ini adalah cahaya abu-abu, kekuningan, krem, ungu muda, cokelat sampai menengah coklat, cahaya untuk bata merah dan jarang berbintik-bintik atau banded (misalnya, wonderstone). Rhyolites adalah kelompok ekstrusif (vulkanik) batuan beku dengan fenokris (kristal terlihat yang tumbuh dari lava cair) dari kuarsa dan felspar alkali dalam massa dasar gelas untuk cryptocrystalline. Banyak rhyolites porfiritik dengan kuarsa dan satu atau dua feldspar sebagai fenokris bersama mereka. - Mengidentifikasi mineral yang terjadi sebagai fenokris di porphyries adalah metode yang sering digunakan oleh ahli geologi untuk nama handspecimens batuan aphanitic.
Zeoloite
mengurangi dan membuang racun dan bau dari sampah lingkungan ; sangat bagus untuk membantu potensi dari energy Reiki ; membuang racun dari tubuh dan menghilangkan kecanduan alkohol.      

Zinc
meningkatkan kekuatan dan sifat assertif diri ; menarik orang lain ke dalam hidup kita ; memberikan vitalitas, kekuatan energy dan kedinamisan ; gunakan zinc bila ingin sesuatu berjalan lancar dan terselesaikan ; bagus untuk gangguan pada organ reproduksi pria dan kelenjar prostat.

Zincite
merupakan alat meditasi yang ampuh, khususnya bila digunakan dalam kelompok ; bekerja jauh lebih bagus dengan crystal jenis lain, serta memperkuat energy mereka ; bagus untuk rambut, kulit dan kuku.  
Red Zincite memiliki energy yang stimulatif, dinamis dan kuat ; meningkatkan tingkat energy semesta yang ditarik ke dalam chakra dasar ; ini akan memperbaharui motivasi, komitmen terhadap hubungan dan rasa bahagia dan hangat ; jangan gunakan red zincite jika anda orang yang sangat kompetitif.  
Orange Zincite   meningkatkan dan mengembangkan segala jenis kreatifitas.   
Yellow Zincite memberikan percaya diri dan sifat assertif.  
Blue Zincite   memacu ekspresi yang tulus. 

Zircon
menyatukan lapisan2 tubuh fisik, emosional, mental dan spiritual, menciptakan synergy yang kuat ; kesatuan tersebut akan saling memperkuat satu sama lain, dan kecepatan energy gabungan tersebut akan meningkat 10 x lipat ;   membantu meditasi, astral travel dan komunikasi dengan alam lain ; bagus untuk sistem syaraf, tulang dan otot ;  pemakainnya dapat menyebabkan rasa pusing ;  jangan gunakan pada penderita epilepsi.

Zoisite
memacu individualitas dan realisasi idea kita sendiri ; memacu penyembuhan setelah sakit atau trauma ;  membantu kesuburan, menghilangkan racun pada jaringan tissue, menetralkan kadar asam berlebihan, serta menstimulasi dan meregenerasi sel2 tubuh.

 
zeolite                                        zinc                                        zincite

orange zincite            red zincite                                    yellow zincite

zircon



Sandstone
memudahkan kita menerima perubahan dan memacu sikap mengikuti arus ; mengurangi amarah ; membantu penyembuhan patah tulang, bagus untuk rambut dan kuku.                   
Sapphire
membuang pikiran2 tak berguna, memacu kehausan akan pengetahuan dan kebijaksanaan ; memberikan kejernihan dan kejelasan pada idea dan pikiran ; mengurangi depresi dan penyakit fisik ; menciptakan keseimbangan, stabilitas dan keteraturan ; menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam, bagus untuk usus, otak dan syaraf.
Sardonyx
memacu niat, stabilitas, percaya diri dan sikap positif ; membantu penyerapan informasi, membantu pemahaman atas kejadian sehari2 ; meningkatkan kepekaan semua indra ; mengontrol cairan tubuh, bagus untuk sistem kekebalan tubuh, penyerapan gizi dan pembuangan kotoran.
Scapolite Blue
memacu kemandirian, inisiatif dan kebutuhan akan perubahan ; membantu proses mencapai keberhasilan tujuan ; bagus untuk gangguan glaucoma, katarak, dyslexia dan kesulitan tubuh menahan pembuangan, seperti urine ; mempercepat penyembuhan setelah operasi.
Schalenblende
menciptakan kedamaian, antar manusia dan lingkungan ; meningkatkan komunikasi dan pemahaman antar manusia dan energy bumi ; memberikan perlindungan, khususnya dalam perjalanan ; memperbaiki sistem kekebalan tubuh, dan bagus untuk penderita AIDS ; mengurangi gangguan pada kelenjar prostat.
Seftonite
memberikan keseimbangan dan harmony pada hubungan dengan sesama, khususnya pada individu2 berlainan karakter ; membantu konsentrasi dan fokus, bagus untuk mempelajari informasi baru ; memperbaiki keseimbangan sirkulasi darah, keluwesan dan pergerakan tubuh ; Seftonite yang lebih merah memacu minat kerja sama dan berbagi kesamaan.
Selenite
bagus untuk membersihkan ruangan dan aura ; membantu astral travel dan hubungan dengan higher-self dan spirit guides ; membantu mengakses kehidupan masa lalu ; memperkuat otak, memberikan kejelasan dan konsentrasi ; melepaskan ketegangan dan menyeimbangkan elektrikal tubuh ; memberikan ketenangan ; bagus untuk tulang belakang dan postur tubuh. 
Septarian
seperti pada Calcite, dapat mempercepat perkembangan spiritual ; memberikan kestabilan emosi, konsistensi dan percaya diri ; memberikan kemampuan untuk menghadapi masalah ; membantu perwujudan idea menjadi tindakan ; menstimulasi metabolisme tubuh, bagus untuk jantung dan sistem kekebalan tubuh ; membantu pertumbuhan pada anak ; mengatasi masalah pada usus dan kulit, membantu penyembuhan pada tissue dan tulang ; meningkatkan sifat assertif dengan sikap fleksibel ; membantu pengambilan keputusan dengan memberikan pemahaman dan kemampuan menerima solusi2 lain.
Seraphinite
membantu perkembangan spiritual dengan membuka chakra mahkota dan chakra2 di atasnya ; membantu menghubungkan kita dengan dunia para malaikat dan astral travel ; memacu penyembuhan diri, menghilangkan kejang otot, menurunkan berat badan.

Serpentine
meningkatkan perkembangan spiritual, membantu dalam meditasi dan hubungan dengan dunia para malaikat ; menyatukan semua chakra, memanggil kembali memori kehidupan masa lalu ; menyeimbangkan sisi intelektual dan emosi ; menghilangkan racun dan rasa sakit, khususnya bagi otot dan saat menstruasi , bagus untuk penderita diabetes, menguatkan struktur rangka. Shiva Lingham Stone   ditemukan pada tepi sungai suci Narmada di Onkar Mandhata, salah satu dari 7 lokasi keramat di India, dibersihkan oleh sebuah komunitas kecil dengan cara khusus yang diwariskan turun temurun.  Dalam Tantra, bentuk batu mengandung unsur maskulin, kedinamisan dan pengetahuan.  Sedangkan tanda pada batu, disebut Yoni, mengandung unsur feminim, kebijaksanaan dan intuisi.  Tantric Lingham mempersatukan dualistik dunia, pria dan wanita, termasuk menyeimbangkan unsur maskulin dan feminim dalam tiap individu.  Batu ini bagus untuk mengatasi akibat kurang gizi pada masa kanak2 dengan mengolah dan menghilangkan derita masa lalu ( letakkan di chakra jantung, kemudian pindahkan batu ke chakra sakral ), dapat digabungkan dengan Chrysoprase ; meningkatkan kesuburan dan memacu ikatan anak dan ibu.
Silver
menghilangkan stress ; memberikan harmony secara spiritual dan emosional ; membuang pola kebiasaan dan pikiran yang  tak beguna ; membantu kita menghadapi tugas2 baru, memperluas pemahaman, dan melancarkan kemampuan berbicara ; bagus untuk seluruh sistem cairan dan organ2 dalam tubuh.
Sodalite
meningkatkan idealisme dan pencarian kebenaran ; memacu kesetiaan pada keyakinan kita, membebaskan dari idea2 yang membatasi ; bagus untuk tenggorokan, larynx dan pita suara,  menurunkan tekanan darah dan merangsang penyerapan cairan.
Spinel
bagus untuk penyembuhan fisik dan lapisan2 tubuh halus ; membuang blok penghambat, mengaktifkan energy positif baru dan memperbaharui sel2 yang usang ; membantu kita menghadapi tantangan dan melihat sisi positif dari situasi maupun orang lain.  Red Spinel meningkatkan tekad, motivasi, kemampuan bersaing dan tekad bertahan. Blue Spinel membantu beragam ekspresi dan kreatifitas, menghilangkan racun.

Staurolite
menghubungkan kita dengan peradaban kuno Timur Tengah ; menyatukan dan menyeimbangkan semua lapisan tubuh ; mengurangi stress dan rasa duka ; menghilangkan kecanduan, khususnya merokok ; menghentikan pertumbuhan yang tak diinginkan, menurunkan demam, dan bagus untuk penyembuhan struktur sel tubuh
Stichtite
memberikan rasa damai dan tenang, pada diri sendiri maupun lingkungan ; memacu kita untuk jujur pada diri sendiri dan menjalani kehidupan sesuai dengan yang telah tertulis ;  membantu perubahan getaran chakra jantung, dari getaran rendah berwarna hijau ke getaran tinggi berwarna pink, yang mana penting dalam mengembangkan diri ;  bagus untuk gigi dan gusi, memperbaiki elastisitas kulit setelah tertarik ( misalnya dalam kelahiran, penurunan berat badan ) ; bagus untuk anak pengidap ADHD dan penyakit sejenis.
Stilbite
memberikan energy kuat yang penuh kasih, membantu kreatifitas dan tindakan intuitif ; mengaktifkan chakra jantung ; membantu karya di alam astral, proyeksi tubuh astral dan melindunginya  selama perjalanan ;  memperkuat ligament (otot2 yang mengikatkan organ tubuh )  dan membuang racun dari tubuh ; membantu peremajaan sel2 perasa pada lidah.
Sugilite
merupakan mineral langka,  memacu hidup dengan jujur pada diri, dan kemampuan menghadapi tantangan ; memberikan perlindungan pada kita yang sedang membantu masalah orang lain, dan pada masa2 sulit kita sendiri ; menghubungkan kita pada bagian kanak2 bathin kita, menghilangkan rasa duka dan ketakutan ;  mengurangi rasa sakit, mengharmoniskan syaraf dan otak ; bagus untuk penderita dyslexia ; mengurangi mimpi buruk ; bila digunakan dengan Moldavite, energy keduanya akan meningkat 10x lipat!

  sandstone                      sapphire                         sardonyx                        scapolite blue
 
Schalenblende                seftonite                  selenite                      septarian

Seraphinite                                        serpentine                     shiva lingham stone
                 

Silver                                              sodalite                                      spinel



Staurolite                                      stichtite                              stilbite

sugilite



            


Quartz Blue
membangkitkan mata ketiga dan intuisi ; memberikan kekuatan dan rasa nyaman pada masa penuh tekanan, dan motivasi menyelesaikan masalah yang lama belum terselesaikan ; membangun pandangan positif terhadap diri sendiri dan meningkatkan rasa percaya diri ; meningkatkan kemampuan komunikasi dan bagus untuk gangguan tenggorokan dan sirkulasi darah.

Quartz Chalcedony
memberikan energy, kekuatan dan vitalitas, khususnya berhubungan dengan perkembangan spiritual.

Quartz with Chlorite
merupakan crystal penyembuh yang sangat ampuh, memiliki property gabungan dari Clear Quartz dan Chlorite ; memurnikan, membersihkan dan menyeimbangkan aura, chakra dan sistem meridian ; mengurangi amarah dan sifat mudah tersinggung ; memudahkan kita untuk memberikan persetujuan dan kerja sama ; membantu dalam meditasi dan komunikasi dengan alam yang lebih tinggi ; meningkatkan asimilasi vitamin A dan E, calcium, zat besi dan magnesium ; menghilangkan racun dan mengurangi rasa sakit. i

Quartz Clear
meningkatkan kejernihan berpikir dan perkembangan spiritual ; membantu menggali kembali memori yang telah terlupakan dan potensi terpendam ; meningkatkan energy dan daya property / fungsi crystal jenis lain, serta membersihkannya ; membuang energy negatif dari lingkungan, termasuk radiasi dari peralatan listrik, amarah, dan kesedihan ; sangat bagus untuk meditasi ; mengaktifkan kembali bagian diri yang telah kehilangan rasa ; menyeimbangkan otak kiri dan kanan ; memperkuat syaraf ; menurunkan demam dan rasa sakit, bengkak, nausea dan diare.

Quartz Harlequin (Lepidocrocite)
membantu dalam komunikasi dengan dimensi yang lebih tinggi dan penghuni2nya, serta kemampuan telepati ; membantu dalam meditasi dan pengembangan tiingkat kesadaran ; mengaktifkan, membersihkan dan memberikan energy pada chakra2 yang lebih tinggi ; membentuk mental kita agar selalu optimis dan ceria ; bagus untuk sirkulasi darah dan otot jantung.

Quartz Red
memberikan kekuatan, energy dan motivasi ; memiliki hubungan kuat dengan bumi dan meningkatkan daya penyembuhan yang menggunakan tumbuh2an ; meningkatkan produksi sel darah merah, dan melancarkan sirkulasi darah.

Quartz Rose
menciptakan rasa cinta tanpa pamrih pada diri sendiri maupun orang lain, dan meningkatkan penghargaan pada diri ; memacu keterbukaan, empati, sensitifitas dan kejujuran ; bagus untuk hubungan cinta maupun dengan sesama ; melancarkan sirkulasi darah, menguatkan jantung, meningkatkan kesuburan.

Quartz Rutilated
memberikan harapan, menaikkan mood dan menghilangkan depresi ; mengurangi kegelisahan dan ketegangan ; memacu pemikiran berwawasan luas dan membuang batasan2 yang  tak berguna ; bagus untuk gangguan pada pernafasan, khususnya bronchitis, bagus untuk regenerasi sel tubuh, aliran energy dan pertumbuhan.

Quartz Smokey
memberikan perlindungan terhadap radiasi (letakkan di dekat computer, tv, cellphone, dll)  dan berbagai energy negatif lainnya ;  bagus digunakan pada masa2 duka atau penuh masalah ; memacu sikap yang relax, mengurangi kecenderungan menjadi stress, memacu melangkah dan melihat secara realistik ; meningkatkan konsentrasi ; mengurangi rasa sakit dan kram, khususnya pada punggung ; menguatkan syaraf dan menyembuhkan berbagai kecanduan ( rokok, alkohol, obat ) ; sangat bagus untuk grounding dan pemusatan diri.

Quartz Spirit
memberikan pemahaman tentang masalah yang timbul dalam keluarga atau suatu komunitas lewat meditasi ; memacu kesatuan kelompok dan niat bekerja sama ; memberikan harmoni dan damai ; membantu kita melewati masa transisi setelah suatu kehilangan ; menggabungkan energy penyembuhan kelompok ; meningkatkan intelektual dan kesuburan ; membersihkan dan meningkatkan energy mineral lain ; membersihkan chakra dan mengisi kekosongan dengan energy positif ; memacu kelimpahan pada berbagai aspek kehidupan ; bagus untuk menggandakan energy penyembuhan dan menstimulasi tubuh fisik, intelektual, spiritual dan aura ; bagus untuk meditasi, astral travel dan peningkatan kesadaran saat mimpi ; memberikan perlindungan mental dan fisik ; memindahkan penyakit ke lokasi tertentu (misalnya black hole) ; meningkatkan penghargaan diri, membuang ingatan buruk, mengusir ketakutan ; mengaktifkan chakra mahkota ; bagus untuk gangguan usus, pembuangan racun, gangguan dan allergy pada kulit ; menghilangkan obsesi berlebihan.

Quartz Star (Hollandite)
membantu hubungan dan komunikasi dengan alam lain ; bagus untuk meditasi ; memberikan rasa utuh dan kesatuan diri.

Quartz Tourmalated (Schorl)
memacu sikap dan rasa netral, serta sikap yang relax dengan menghilangkan tekanan dan perasaan depresi ; menjauhkan kita dari pikiran negatif, baik pada diri sendiri maupun dari orang lain ; memacu proses berpikir yang jernih, logis dan rasional ; menghilangkan rasa sakit dan menghindarkan terbentuknya bekas pada luka ; menetralkan energy radiasi ; bagus digunakan sebagai tambahan untuk memperkuat atau proteksi dalam penyembuhan menggunakan Clear Quartz.

Quartzite
adalah batu yang serba guna ( sama dengan Clear Quartz ), namun memiliki energy yang lebih lembut dan ringan ; membantu pada masa2 sulit agar kita tetap berjalan maju ; memacu kerja otak kanan untuk meningkatkan kreativitas, intuisi dan kesadaran.

quartz blue
quartz clear
quartz harlequin (lepidocrocite)
quartz red
quartz rose
quartz rutilated
quartz smokey
quartz spirit
quartz star (hollandite)
quartz tourmalinated (schorl)
quartz with chlorite
quartzite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar